Berkaryalah sebelum kesempatan itu hilang dari hidupmu

Menulis Cerpen Menurut Joni Ariadinata

Tulisan ini saya ambil dari beberapa kalimat yang ditulis oleh Joni Ariadinata. Seorang cerpenis terkemuka di Indonesia. Dalam bukunya yang berjudul "Aku Bisa Nulis Cerpen" terdapat banyak sekali hal-hal yang harus dipahami oleh seorang penulis. Di sini dalam artian menulis apa saja. Sedikit beberapa kalimat yang saya ambil adalah jika ingin menjadi penulis ya menulis, menulis, menulis dan membaca, membaca, membaca. Itu kuncinya. 

Contohnya lagi adalah jika kita ingin menulis cerpen (misalnya) gunakan kata-kata yang menarik. sebagai contoh ada kalimat "Kita pasti mati" bisa diganti dengan kalimat yang mengandung keindahan menjadi "Maut menabung kita detik demi detik". Secara semantik maknanya sama. Ada  lagi semisal kalimat "Matahari terbit sangat cerah" kemudian diganti dengan "Matahari terbit seperti pertama kali diciptakan". Ini jelas mengandung estetika yang lebih tinggi.

Ada 3 hal yang perlu dipahami dalam menulis cerpen yaitu 

  1. Judul, 
  2. percakapan dialog, dan
  3. ungkapan pemaparan

Pesan beliau adalah Banyak para penulis yang tidak menekuni bidangnya, hanya sekedar main-main  menikmati kesenangan untuk pamer, dan bahkan yang lebih parah adalah menulis hanya untuk mengisi waktu luang. Karena jika penulis yang tahu tanggung jawab maka ia tak akan berleha-leha apalagi berpuas diri.Tak ada dunia fiksi tanpa landasan dunia fakta. Seperti dalam bukunya mas Joni mengutip dari Aristoteles "Berusaha dan berkarya demi kesenangan saja adalah bodoh dan sungguh kekanak-kanakan"

Semoga tulisan yang sedikit ini bisa mencerahkan. Dan kita bisa menjadi penulis yang bermanfaat dan membawa kebaikan buat siapa saja. Bukan hanya makhluk Allah yaitu manusia tetapi bisa membawa manfaat untuk seluruh elemen yang ada di langit dan di bumi.

0 Komentar untuk "Menulis Cerpen Menurut Joni Ariadinata"

Sahabat, silakan tulis komentar yang membangun, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Mari berbagi dalam kebaikan.
Salam Karya

Back To Top