Berkaryalah sebelum kesempatan itu hilang dari hidupmu

Menulislah dan Membaca (Al Qur'an)

Tulisan saya yang berjudul "Menulislah dan Membaca" yang saya tulis kali ini mencoba membuka pikiran terutama untuk saya dan siapa pun yang ingin menjadi penulis. Penulis tugasnya adalah menulis itu sendiri. Tetapi tidak cukup dengan menulis karena harus dibarengi dengan membaca. Membaca di sini tidak hanya membaca buku seperti novel, cerpen, puisi dan sejenisnya. Membaca di sini saya titik beratkan pada membaca Alquran. Seperti ayat suci yang pertama diturunkan adalah Iqro' yang memiliki arti bacalah. Maka membaca adalah jalan awal untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Baik itu ingi menjadi penulis, praktisi, ataupun karir yang lain. Membaca akan membuka pengetahuan bagi siapa saja. Selama yang dibaca ada manfaatnya. 

Dalam hal ini yang saya tekankan adalah membaca Alquran. Mengapa harus membaca Alquran? Kejadian ini berawal dari saya pribadi. Baru beberapa bulan saya ingin belajar menulis, kemudian saya sertai dengan membeli buku dan membaca beberapa buku. Tidak hanya buku tetapi artikel, essay, puisi dan lain sebagainya. Membaca beragam buku membuat pengetahuan saya bertambah dan saya bisa memahami bagaimana pola tulisan, gaya bahasa yang digunakan, apa yang akan disampaikan oleh penulisnya sampai pada kalimat yang susah dipahami untuk penulis pemula seperti saya. Tetapi membaca tulisan melalui buku ataupun media seperti itu saja tidak cukup. Karena butuh Alquran yang harus kita baca. Alquran akan menenangkan dan mencerahkan. Setelah membaca Alquran kemudian menulis maka pikiran saya akan terasa tenang dan sedikit mudah untuk menulis. Ide yang ada bisa saya  kembangkan. Inilah keutamaan Alquran, bukan hanya menginspirasi dan  menenangkan tetapi  siapa saja yang membacanya akan mendapatkan pahala. Tentunya yang membaca harus suci dulu. 

Maka dari itu, mulailah menulis dengan berdoa, itu merupakan bagian dari membaca Alquran. Karena yang kita ucapkan adalah Firman dari Allah SWT. Mintalah petunjuk agar tulisan yang kita buat sarat akan makna dan membawa kemanfaatan. Setidaknya bermanfaat buat penulisnya. Hal ini berbanding terbalik dengan kebiasaan saya selama ini. Saya sering disibukkan dengan membaca novel, artikel tetapi sedikit dan jarang sekali membaca Alquran. Setidaknya keduanya harus diseimbangkan. Karena tujuan kita membaca adalah menambah pengetahuan. Baik itu membaca literatur bahasa indonesia atau Alquran sendiri. Semoga dengan dibiasakan membaca Alquran atau setidkanya berdoa, tulisan yang akan kita sampaikan nanti membawa keberkahan bagi penulisnya dan siapa saja yang membacanya. Aamiin.
Tag : Catatan
0 Komentar untuk "Menulislah dan Membaca (Al Qur'an)"

Sahabat, silakan tulis komentar yang membangun, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Mari berbagi dalam kebaikan.
Salam Karya

Back To Top