Berkaryalah sebelum kesempatan itu hilang dari hidupmu

Apa itu Diksi?

Baru saja saya membaca artikel dan tertera sebuah kata. Dan didalamnya terdapat kata "diksi"nya santun dan mengalir. Jujur saya belum mengerti apa itu diksi. Kemudian saya membaca referensi dan lagi-lagi dari wikipedia, hehe. Karena di sana lumayan lengkap. Cekidot saya berikan definisi diksi dari http://id.wikipedia.org/wiki/Diksi

Diksi, dalam arti aslinya dan pertama, merujuk pada pemilihan kata dan gaya ekspresi oleh penulis atau pembicara.[rujukan?] Arti kedua, arti "diksi" yang lebih umum digambarkan denganenunsiasi kata - seni berbicara jelas sehingga setiap kata dapat didengar dan dipahami hingga kompleksitas dan ekstrimitas terjauhnya. Arti kedua ini membicarakan pengucapan dan intonasi, daripada pemilihan kata dan gaya.

Diksi memiliki beberapa bagian; pendaftaran - kata formal atau informal dalam konteks sosial - adalah yang utama. Analisis diksi secara literal menemukan bagaimana satu kalimat menghasilkanintonasi dan karakterisasi, contohnya penggunaan kata-kata yang berhubungan dengan gerakan fisik menggambarkan karakter aktif, sementara penggunaan kata-kata yang berhubungan dengan pikiran menggambarkan karakter yang introspektif. Diksi juga memiliki dampak terhadap pemilihan kata dan sintaks.
Diksi terdiri dari delapan elemen: FonemSilabelKonjungsiHubunganKata bendaKata kerjaInfleksi, dan Uterans.

Nah, itu gambaran tentang apa itu diksi. Semoga bisa menjawab bagi siapa saja yang belum mengerti. 

0 Komentar untuk "Apa itu Diksi?"

Sahabat, silakan tulis komentar yang membangun, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Mari berbagi dalam kebaikan.
Salam Karya

Back To Top