Berkaryalah sebelum kesempatan itu hilang dari hidupmu

Apa itu Resensi?

Saya sendiri masih bingung ketika mendengar kata "Resensi". Karena dalam pikiran saya apakah resensi itu sebuah ulasan secara menyeluruh atau sebagian. Yang saya tulis ini adalah contoh resensi buku. Bagaimana saya mau meresensi buku jika saya belum mengerti apa itu resensi dan sejauh mana batasan resensi itu. Saya mencoba mencari definisi dari resensi yang saya ambil dari wikibooks. Mengapa wikibooks? Karena bagi saya keluarga wiki bisa lengkap dan sistematis untuk menjelaskan beberapa kata yang susah saya pahami. Tentunya di luar KBBI tapi definisi ini sesuai juga dengan KBBI. hehe. Berikut pengertian resensi yang saya ambil dari web : http://id.wikibooks.org/wiki/Subjek:Bahasa_Indonesia/Materi:Resensi

Dalam bahasa Latin resensi atau recensie artinya "melihat kembali, menimbang atau menilai". Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia resensi memiliki arti pertimbangan atau pembicaraan tentang buku; ulasan buku. Tindakan meresensi memiliki arti memberikan penilaian, mengungkap kembali isi buku, membahas atau mengkritik buku. Jadi, resensi ialah ulasan atau penilaian atau pembicaraan mengenai suatu karya sastra (cerpen, novel, drama/film, puisi).

Adapun tujuan resensi sendiri adalah:

  1. Memberikan informasi atau pemahaman yang komprehensif (mendalam) tentang apa yang tampak dan terungkap dalam suatu karya.
  2. Memberikan gambaran kepada masyarakat apakah karya yang diresensi itu merupakan suatu karya yang bermutu atau tidak.
  3. Memberikan gambaran kepada masyarakat apakah buku itu layak untuk dibaca.

Pengertian di atas semoga bisa membantu bagi siapa saja yang ingin meresensi novel, puisi atau sejenisnya. Sekian dulu gambaran tentang resensi. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Apa itu Resensi?"

Sahabat, silakan tulis komentar yang membangun, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Mari berbagi dalam kebaikan.
Salam Karya

Back To Top