Berkaryalah sebelum kesempatan itu hilang dari hidupmu

Menulislah dengan Jernih

Menulislah dengan jernih, maka anda akan berpikir jernih. Karena sel-sel dalam otak anda akan bekerja maksimal untuk menentukan tulisan apa yang akan anda buat. Tentunya bukan itu saja, menulis dengan jernih merupakan penghargaan terhadap diri sendiri karena dengan menulis maka anda akan bertanggung jawab atas tulisan yang anda buat. Menulis itu bebas asalkan berdasar dan tidak mengandung SARA'. SARA' itu apa, saya juga masih bingung mendefinisikannya karena sekarang yang sara' dan bukan susah dibedakan. 

Menulis sejatinya sesuatu yang mujarab untuk menjernihkan pikiran dan melampiaskan apa pun yang ada dalam diri anda. Semisal anda sedang marah kemudian bertanya mengapa anda marah? Pastilah kemarahan anda bisa anda jawab sendiri. Atau mungkin lebih baik ditulis apa penyebab kemarahanmu dan bagaimana mengatasi marah itu. Lampiaskan saja amarah anda pada tulisan karena akan membantu anda mengurangi beban pikiran. 

Menulis lah untuk memperluas pengetahuan anda. Dengan menulis maka anda akan berimajinasi, memutuskan suatu persoalan, membuat sebuah rekomendasi, berlogika dan tentunya mengimplementasikan dalam kehidupan anda. Menulis dengan berpikir jernih itu asyik. Tetapi ini pernyataan subjektif saya. Menulis dengan jernih akan membantu anda mengasah dan meningkatkan kemampuan otak anda. 

Menulis jernih bukan hanya meluangkan waktu yang ada kemudian menulis. Tetapi harus diawali dengan niat yang tulus untuk menulis. Jika menulis hanya mengandalkan mood maka anda tidak akan menulis secara jernih. Tidak masalah jika saat menulis kemudian mengalami kendala. Dalam artian bingung mau menulis apa? Ya berhentilah untuk rehat sejenak. Jika dimungkinkan anda sudah nyaman maka lanjutkan tulisan anda. Namun jika belum mampu maka bisa dilanjutkan pada hari berikutnya. Yang terpenting anda sudah berani menulis. Itu intinya. Menulislah dengan jernih maka hati dan otak anda akan jernih dan sesuatu yang ditulis pasti akan jernih pula.

0 Komentar untuk "Menulislah dengan Jernih"

Sahabat, silakan tulis komentar yang membangun, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Mari berbagi dalam kebaikan.
Salam Karya

Back To Top