Berkaryalah sebelum kesempatan itu hilang dari hidupmu

Pentingkah Pluralisme?

Aku terkadang enggan berkomentar mengenai pluralisme. Karena harus menjadi perdebatan pliuralisme itu seperti apa.Teatpi pluralisme pada kahirnya bagiku penting. Mari sebentar memahami definisi dari pluralisme yang saya ambil dari wikipedia.orgDalam ilmu sosialpluralisme adalah sebuah kerangka dimana ada interaksi beberapa kelompok-kelompok yang menunjukkan rasa saling menghormat dan toleransi satu sama lain. Mereka hidup bersama (koeksistensi) serta membuahkan hasil tanpa konflik asimilasi.
Pluralisme dapat dikatakan salah satu ciri khas masyarakat modern dan kelompok sosial yang paling penting, dan mungkin merupakan pengemudi utama kemajuan dalam ilmu pengetahuan, masyarakat dan perkembangan ekonomi.

Yang menjadi penting sebenarnya adalah menghargai perbedaan. Di mana jika perbedaan menjadi penghias diri manusia maka kehidupan akan terasa indah dan aman. Bolehlah kita mengingatkan jika ada yang salah baik itu dalam bentuk ibadah ataupun perilku yang menyimpang dari ajaran agama masing-masing. Namun yang menjadi masalah jika perbedaan menyebabkan manusia menjadi brutal dan pada akhirnya harus melukai kelompok lain. Ini jelas menjadi masalah dan harus dihindari. Mari menilik dan dijadikan parameter bagi umat islam pada umumnya karena Nabi Muhammad SAW selalu memberikan contoh yang baik bagi umatnya. Bagaimana beliau sangat santun dan sopan terhadap yang lainnya. Nabi berdakwah dengan penuh kesabaran. Tanpa ada yang tersakiti dan bahkan musuh-musuhnya pun mengakui demikian.

Nah jika Beliau Nabi kita saja memberikan contoh demikian mengapa kita sebagai umatnya tidak mau mencontoh beliau. Mungkin pemahaman kelompok satu dengan yang lainnya berbeda, tetapi janganlah karena berbeda menyebabkan permusuhan dan memutus tali persaudaraan. Kemudian main hakim sendiri dan secara membabi buta menyerang kelompok yang berbeda. Bukankah manusia harus percaya bahwa yang akan mengadili kita adalah Allah SWT.  

Untuk itu, pluralisme harus benar-benar ditegakkan. Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap kelompok apa pun. Karena hakiktanya manusia itu bisa memberikan rasa aman bagi yang lainnya bukan malah membuat rasa takut kepada yang lain. Karena sejatinya takut hanyalah kepada Allah SWT. Dengan senantiasa beribadah kepada-Nya.
Tag : Catatan, Kolom
0 Komentar untuk "Pentingkah Pluralisme?"

Sahabat, silakan tulis komentar yang membangun, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Mari berbagi dalam kebaikan.
Salam Karya

Back To Top