Berkaryalah sebelum kesempatan itu hilang dari hidupmu

Tulisan yang baik itu seperti apa?

sumber gambar
Bisa menilai tulisan yang baik itu tergantung pembacanya. Terkadang antara pembaca yang satu dan yang lain bisa berbeda. Yang jelas penulis sendiri harus merasa nyaman dengan tulisannya. Tulisan itu enak dibaca atau nggak juga tergantung kondisi pembaca lagi mood atau tidak. Namun secara objektif bisa ditentukan bahwa tulisan itu bagus atau tidak.

Ada tiga hal yang bisa menjadikan tulisan itu baik atau bukan. Tiga kriteria ini bisa dijadikan paramater bagi tulisan Anda. Menulis tentunya jangan seasalnya. Kalau untuk konsumsi pribadi sih nggak masalah. Jika tulisan itu ditujukan buat pembaca atau khalayak umum setidaknya harus menulis dengan maksimal. Kurangilah kesalahan kecil misalnya salah ketik, dan tanda baca. Dan teknik dasar menulis yang lain. Jika Anda akan menilai tulisan itu baik atau bagus itu seperti apa? Berikut tipsnya:

  • Pastikan bahwa Anda menuliskannya. Ini jelas dan mutlak jika Anda ingin dinilai tulisan Anda bagus atau tidak maka Anda harus menuliskannya. Jika Anda tidak menulis apa yang mau dinilai. Masalah tulisan yang seperti apa itu masalah lain. Yang terpenting Anda mau menulis dulu.
  • Pastikan tulisan itu layak baca. Nah, banyak lo tulisan yang dituliskan seasalnya. Sudah memakan banyak waktu dan pikiran. Eh ternyata tulisan itu tidak layak baca. Cobalah Anda dulu sebagai penulisnya mau membaca sampai tuntas. Jika Anda merasa tidak nyaman terhadap tulisan Anda, bisa dipastikan orang lain tidak akan nyaman. Maka pastikan tulisan Anda layak baca.
  • Pastikan tulisan Anda layak terbit. Nah, faktor ketiga ini rada serius. Banyak tulisan yang layak baca namun tidak layak terbit. Bukan karena tulisan itu tidak bagus, namun tidak sesuai dengan apa yang diinginkan penerbit. Maka pastikan dulu jika Anda menulis bahwa tulisan Anda nantinya banyak dibutuhkan orang dan jika dijual di pasar banyak yang membutuhkan.
Ada tiga hal bagaimana menilai tulisan Anda. Tulislah apa yang Anda sukai dengan menulis sebagus dan semaksimal mungkin. Kesalahan yang tidak perlu harus Anda hindari. Hasil dari apa yang kita kerjakan secara tulus akan mendapatkan hasil yang baik juga. Salam karya.
0 Komentar untuk "Tulisan yang baik itu seperti apa?"

Sahabat, silakan tulis komentar yang membangun, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Mari berbagi dalam kebaikan.
Salam Karya

Back To Top