Berkaryalah sebelum kesempatan itu hilang dari hidupmu

Tugas Penting Penulis Fiksi

ilustrasi gambar
Salah satu tugas penting penulis fiksi ialah bagaimana cara menyajikan variasi alur, adegan, suasana. Ini penting agar tulisan tidak jadi monoton dan.membosankan. serta, memperkuat suasana cerita yang sedang dibangun.
Tips efektif yang bisa dilakukan penulis ialah "selipan adegan/suasana". Selipan yang "seolah" tak nyambung dengan narasi sebelumnya, tetapi tetap merupakan satu kesatuan yang berperan seperti itu tadi.
Misal:
Terdengar sedikit bising kesibukan yang diciptakan Madamme Rossa, lantas diakhiri dengan suara pintu kaca kafe berderit, dikunci dari luar. Di jalanan, hujan masih berjatuhan. Ritmenya mulai berkurang, tidak sederas berapa menit lalu saat wanita bernama Stefany itu pergi dengan mata deras setelah ditinggal kekasihnya.
Perhatikan dari kalimat "Di jalanan, hujan masih...." sampai ke belakang. Itulah teknik selipan adegan/suasana. "Seolah" tak nyambung dengan narasi ttg Madamme Rossa, tapi ttp merupakan satu kesatuan utuh.
Misal lagi:
Lalu, keduanya benar-benar berpisah seiring tanah yang bergetar dilindas roda-roda besi kereta senja yang tak pernah peduli pada hati-hati siapa pun yang belah, luka, dan berdarah dihajar perpisahan.
Di langit, dari sisi kanan jendela kereta yang mulai bergerak, Pamuk menatap seraut senja yang terisak. Sendirian. Warnanya kusam. Kuning tua buram. Begitu murung. Begitu kabung.
Perhatikan paragraf "Di langit, dari sisi kanan....." sampai selesai. Begitulah.
Cobalah. Pesan dari CEO Diva Press bpk Edi Akhiles.
0 Komentar untuk "Tugas Penting Penulis Fiksi"

Sahabat, silakan tulis komentar yang membangun, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Mari berbagi dalam kebaikan.
Salam Karya

Back To Top