Berkaryalah sebelum kesempatan itu hilang dari hidupmu

Hidup Bukan Hanya Mengisi Lembar Soal Secara Asal-asalan

Judul yang saya tuliskan di atas menggugah kedalaman  hati saya  untuk kembali membuka pola pikir pelajar  dan mahasiswa  yang terkesan asal-asalan dalam belajar. Mereka tidak peduli dengan apa yang sedang dipelajari. Dan hasil akhirnya mereka kecewa terhadap dirinya sendiri. Ada yang mendapat nilai rendah, tidak lulus ujian, bahkan pada tingkat sarjana banyak dari mereka tidak lulus. Padahal sudah menyita banyak  sekali materi dan waktu. Ironis memang, namun bagaimana lagi jika hal ini sudah menjadi bagian dari kenyamanan bagi mereka terlalu indah menikmati sisa hidupnya. Mereka lebih suka asyik-asyikan dengan game online yang setiap hari update. Mereka lebih suka menghabiskan waktu di kamar hanya untuk bermain game. Tidak ada aktifitas lain yang mereka lakukan. Mereka lupa akan tujuan awal mereka adalah untuk belajar. Benar bukan?

Saya juga bukan manusia yang sempurna kemudian melakukan aktifitas sehari-hari dengan  belajar secara terus-menerus. Namun setidaknya saya menyadari akan pentingnya belajar, sehingga ada waktu yang saya sisihkan untuk belajar. Kembali tentang judul di atas, "hidup bukan hanya mengisi lembar soal secara asal-asalan". Ya, seharusnta hidup harus  lebih dari itu. Bagaimana kita bisa belajar memahami pertanyaan dan persoalan. Jika pertanyaan saja tidak dibaca, bagaimana kita bisa menjawab soal. Begitu juga kehidupan, jika kita tidak memahami dan peka terhadap persoalan bagaimana kita bisa menjadi pemecah persoalan. Renungkan wahai sahabat dan saudaraku yang sedang menikmati sempurnanya dunia ini.

Saudaraku, Ini bukan hanya tentang hidup sekarang, tetapi masa depan. Jika sekarang kamu tidak mau bercucuran keringat, maka masa tuamu akan sengsara. Bukankah lebih baik sekarang bermandi keringat dengan kerja kerasmu kemudian masa tuamu tinggal duduk manis bersandar pada kursi empuk nan damai. Berpikirlah, karena Tuhan tentunya akan memberikan jalan bagi hambanya yang mau berpikir kemudian direalisasikan.

Hidup itu tidak mudah, mungkin hanya bagi mereka saja yang tidak mau berjuang mengatakan hidup itu mudah. Jangan banyak alasan lagi  untukmu tidak mau belajar lagi, mulai sekarang ubahlah kebiasaanmu dari zona nyaman itu. Keluarlah dan berpikirlah, dunia ini luas untuk mereka yang mau berkembang dan memaksimalkan potensi yang dimiliki. Jangan jadi pengecut dan pecundang. Hidupmu terlalu berharga untuk itu. Tidak ada lagi kamus dalam hidupmu untuk bermalas-malasan. Karena kita semua mempunyai dimensi yang berbeda-beda menafsirkan tentang kehidupan, tetapi percayalah tujuan kita semua sama. mendapati hidup yang mulia di sisiNya. 


Tag : Catatan
0 Komentar untuk "Hidup Bukan Hanya Mengisi Lembar Soal Secara Asal-asalan"

Sahabat, silakan tulis komentar yang membangun, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Mari berbagi dalam kebaikan.
Salam Karya

Back To Top