Berkaryalah sebelum kesempatan itu hilang dari hidupmu

Mereka Minta diajak Bicara

Saya sedih memandang negeriku kok semakin hari bukannya semakin baik tetapi malah sebaliknya. Konflik di mana-mana. Dari pojok barat ke pojok timur selalu ada masalah yang tidak kunjung usai. Rasional memang karena negeri ini luas dan terdiri dari berbagai macam suku, bahasa dan budaya kemudian susah mengaturnya. Tetapi bukan itu yang manjadi catatan saya dalam menuliskan sebuah kalimat di atas yaitu "Mereka Minta diajak Bicara". 

Indonesia tentunya lahir dengan cita-cita dan tujuan yang baik. Tanpa sedikitpun sebuah negeri lahir di dunia bertujuan buruk, Namun bukan negara yang salah, tetapi manusia yang tidak mampu menjaga amanah negeri ini. Masalah-masalah yang muncul untuk orang awam seperi saya ini seharusnya bisa di atasi. Masalah pendidikan, kesehatan, kesenjangan sosial dan masalah-masalah seperti itu. Itu kan bisa diukur dengan mata bagaimana solusinya. Ribuan alasan membuat kami semakin lama semakin tidak percaya. Negeri yang seharusnya mengayomi tetapi malah memperkecil ruang gerak kami untuk bicara. Kapan dan kapan kami orang kecil diajak bicara tentang pengambilan keputusan. 

Tidak harus berlebihan dan ketakutan. Ketika semua bisa dibicarakan dengan baik dan nuansa yang penuh keakraban kami juga akan memahami mereka-mereka yang duduk di birokrasi pemerintahan. Tidak banyak yang kami minta, tetapi sekiranya itu semua tidak merugikan kami. Keputusan apa pun kami tidak pernah diajak bicara, kapan para pejabat bisa transparan kepada rakyatnya. Tidak aneh-aneh yang kami minta namun hanya kecil tetapi membawa kemasalahatan seperti perbaikan jalan, pelayanan publik yang baik dan mereka mau melihat kami yang berada di daerah terpencil ini.
Tag : Kolom
0 Komentar untuk "Mereka Minta diajak Bicara"

Sahabat, silakan tulis komentar yang membangun, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Mari berbagi dalam kebaikan.
Salam Karya

Back To Top