Berkaryalah sebelum kesempatan itu hilang dari hidupmu

Press Release Public Speaking


Program Pascasarjana FE UII bekerjasama dengan mahasiswa MM 38 mengadakan Seminar Public Speaking dengan Tema "Speak With Power and Confidence"

J
ogja-Program Pascasarjana Universitas Islam Indonesia (UII) bekerja sama dengan  mahasiswa MM UII  angkatan 38 beberapa hari yang lalu melaksanakan seminarpublic speaking dengan narasumber Drs. Syafaruddin Alwi, M.S. Kegiatan seminar tersebut tepatnya dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2013 di gedung FE UII P.1.2. Concat. Kegiatan ini bersifat terbuka untuk mahasiswa S1 dan S2. Adapun tujuan diadakannya seminar public speaking dengan tema "Speak With Power and Confidence" adalah untuk memacu mahasiswa agar lebih percaya diri berbicara di depan umum dan tentunya melatih berbicara yang lebih baik dan tertata.

Dengan adanya seminar berbasis soft skill ini di harapakan kepada seluruh mahasiswa untuk lebih  memahami pentingnya berinteraksi di depan umum. Karena cukup banyak mahasiswa yang mempunyai nilai akademik yang baik namun masih kesulitan dalam berkmomunikasi. Berbicara di publik tentunya tidak bisa asal-asalan, karena komunikator  tidak hanya bertatap muka dengan satu atau dua orang. Tetapi lebih dari itu. Strukutur bahasa, gestur dan metode yang di gunakan tentunya menjadi penilaian sendiri bagi audience. Komunikasi yang baik akan menghasilkan tujuan yang baik juga begitupun sebaliknya. Percaya diri untuk berbicara di depan umum membutuhkan kesiapan dan mental yang kuat. Jika tidak, bisa dimungkinkan seorang komunikator akan demam panggung dan materi yang akan disampaikan hilang percuma. Triknya, sesekali boleh komunikator pada awal memulai berbicara mengajak audience untuk diskusi, setidaknya ini dilakukan untuk menghilangkan ketegangan. Namun biasanya seseorang yang berbicara di depan umum hanya awalnya saja terlihat gugup, tetapi ketika gugup itu bisa di tutup dengan mencoba mengajak audience bercanda, atau sesekali membuat trik agar tidak terlihat tegang tentunya akan ebih efektif. Begitulah paparandari narasumber.

Kegiatan seperti ini menurut narasumber Drs. Syafaruddin Alwi, M.S merupakan kegiatan perdana yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan MM 38. Besar harapan kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara baik dan berkelanjutan.  Kegiatan-kegiatan positif tentunya akan selalu di dukung oleh Program Pascasarjana FE UII. Bapak Dr. Zainal Arifin MM dalam sambutannya mengatakan bahwa siapa saja yang akan berbicara di depan umum ada 2 kunci yang harus di penuhi. Pertama harus memahami dan mengerti materi apa yang akan dibicarakan. Kedua harus jujur apa yang diucapkan. Kedua hal tersebut menjadi kunci seorang komunikator dapat  berbicara dengan baik.

Tentunya butuh waktu bagi sesorang untuk berani berbicara di depan umum. Bukan karena tidak mengerti apa yang disampaikan, tetapi karena faktor belum terbiasa berbicara di depan umum. Untuk itu kegiatan positif ini bisa harus menjadi pionir untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya. Jika tidak sekarang dan kita yang melakukakannya tentunya siapa lagi? semua butuh usaha dan niat yang tulus dalam mengembangkan mahasiswa yang unggul dan setidaknya ketika sudah selesai kuliah bisa kembali di masyarakat dengan membawa pengaruh dan mafaat untuk  masyarakat. Dan semoga kegiatan ini bisa kembali di laksanakan dalam nuansa, peserta dan agenda yang lebih besar dan penuh keakraban.
0 Komentar untuk "Press Release Public Speaking"

Sahabat, silakan tulis komentar yang membangun, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Mari berbagi dalam kebaikan.
Salam Karya

Back To Top