Berkaryalah sebelum kesempatan itu hilang dari hidupmu

Hari Buku Sedunia

Hari ini tepatnya tanggal 23 April menjadi hari buku sedunia dan hak cipta sedunia. Hari buku sedunia harus diisi dengan sesuatu yang beguna. Jangan lupa membaca dan menulis. Karena kedua hal tersebut akan membawa perubahan dalam hidupmu untuk masa depan. Tengoklah orang yang rajin membaca dan menulis. Mereka akan berbeda dalam hal apapun. Secara pengetahuan jelas berbeda,
karena orang yang membaca lebih banyak memiliki berbagai informasi. Baik dalam maupun luar negeri. Tapi semua itu tergantung apa yang dibacanya. 

Buku pada hakikatnya bukan hanya menjadi bahan bacaan di waktu senggang. Tetapi buku harus menjadi budaya dalam melakukan perubahan. Karena buku setiap waktu juga mengalami perubahan tergantung kemajuan zaman. Mulai dari fenomena yang terjadi dari masa lalu hingga sekarang, sampai pada kertas cetak dan kover yang digunakan. Semua mengikuti perubahan zaman. Semakin menarik buku maka semakin banyak orang yang mau membacanya. Apalagi jika kovernya dan isinya sama-sama berkualitas. 

Untuk itu, marilah dengan memperingati hari buku sedunia ini dijadikan pijakan yang kuat untuk menelurkan minat baca dan menulis agar diikuti oleh generasi yang akan datang. Ciptakan iklim cinta baca dan menulis. Kemudian dididik dan diawasi agar bisa terus konsisten dalam membaca dan menulis.

Ya walaupun tidak ada ceremonial khusus tentang peringatan hari buku sedunia karena masih banyak yang galau akan UN yang memang sangat kacau balau. Tapi setidaknya ada niat untuk menjadikan hari buku sedunia ajang meluruskan niat dan mengencangkan tali sebagai penambah khazanah ilmu pengetahuan. Bacalah buku dengan genre yang berbeda-beda. Ambil sisi positifnya kemudian aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari manfaat yang bisa dipetik dari buku tersebut.

Marilah tanggal 23 April ini bisa menjadi inspirasi bagi para penulis untuk membagi ilmunya bagi siapa saja yang ingin belajar menulis. Agar semua manusia Indonesia memiliki hobi menulis. Jika yang demikian ini bisa diterapkan pada bangsa ini, maka tingkat kesenjangan ilmu pengetahuan akan semakin berkurang.





Tag : Catatan
0 Komentar untuk "Hari Buku Sedunia"

Sahabat, silakan tulis komentar yang membangun, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Mari berbagi dalam kebaikan.
Salam Karya

Back To Top