Berkaryalah sebelum kesempatan itu hilang dari hidupmu

PENERBITAN ANTOLOGI CERPEN


“Parijs Van Java”
Bersama FAM Cabang Jawa Barat

Kota Bandung memiliki beberapa julukan diantaranya: Kota Kembang, Parijs van Java, Kota Pramuka, Kota Zakat, Kota Mode. Selain itu Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat sekaligus menjadi Ibu Kota Provinsi. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya menurut jumlah penduduk. (wikipedia.org).
Paris van java adalah sebutan bagi kota Bandung yang pada waktu dulu mirip sekali dengan kota Paris di Prancis. Nah, sebutan ini ibarat Paris yang berada di Pulau Jawa . Kota yang sejuk dan tidak terlalu panas menjadi kota yang nikmat untuk dihuni pada masa Belanda. Kota ini dikenal pula sebagai kota fashion dan jajan .Selain itu masih banyak hal-hal lain tempo dulu yang mesti kita pelajari dan lestarikan, karena itu adalah warisan dan aset wisata.

Berangkat dari julukan itu, maka Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia Cabang Jawa Barat dan Sekitarnya berharap dapat menjadikan julukan Paris van java sebagai sumber inspirasi lahirnya cerita-cerita bertema KEINDAHAN HIDUP, baik itu KEINDAHAN saat menempuh pendidikan, saat masa kecil yang sarat dekapan ayah-ibu, saat berwisata, saat meraih impian dan cita-cita. ataupun keindahan yang berhubungan dengan segala ciptaanNYA.
Adapun ketentuan mengenai naskah yang diterima dan diterbitkan dalam Program Penerbitan Buku Antologi Cerpen “Parijs van java” ini adalah sebagai berikut:
  1. Penulis adalah anggota Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia yang mengantongi Nomor ID keanggotan FAM Indonesia, maupun non-anggota, baik berdomisili di Jawa Barat maupun di berbagai daerah lainnya di Indonesia dan mancanegara. 
  2. Naskah cerpen harus asli karya sendiri, bukan jiplakan atau terjemahan dan sedang tidak diikutsertakan dalam iven lomba menulis lain.
  3. Cerpen bertema: “KEINDAHAN HIDUP”.
  4. Bentuk cerpen bebas, panjang 4 halaman. 
  5. Cerpen ditulis/diketik dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
  6. Tulisan diketik rapi di kertas HVS A4/kuarto, spasi 1,5, font Times New Roman 12. (batas pinggir kertas, 3-3-3-3)
  7. Menuliskan Biodata (ditulis dalam bentuk narasi, panjang maksimal 150 kata) disertai foto diri di lembar terakhir cerpen.
  8. Cerpen yang diikutsertakan maksimal 2 (dua) judul (yang diterbitkan dalam antologi hanya 1 judul).
  9. Naskah cerpen sesuai tema.
  10. Proyek penerbitan antologi cerpen ini, dibuka mulai tanggal 15 Mei 2013..
  11. Naskah dikirim via email panitia: diefansa@yahoo.com (selambat-lambatnya tanggal 15 Juni 2013).
  12. Naskah cerpen yang diikutsertakan dalam antologi ini menjadi milik panitia (hak cipta tetap pada penulis).
  13. Buku terbit pada pertengahan/akhir bulan Juli 2013 yang memuat 30 cerpen karya 30 penulis.

KETERANGAN TAMBAHAN:

  1. Karena ini adalah penerbitan bersama, biaya penerbitan buku antologi cerpen ini ditanggung bersama-sama pula, masing-masing penulis investasi biaya Rp 85.000 (berlaku untuk anggota FAM Indonesia) dan investasi biaya Rp 100.000 (berlaku untuk nonanggota FAM Indonesia). Investasi ditransfer setelah karya dinyatakan lolos seleksi untuk diterbitkan. Investasi ditransfer ke: ALIYAH NURLAELLA, BNI Cabang Kediri, Nomor Rekening: 0257598722, atau BRI CABANG MALANG UNIT KESAMBON, NO. REK: 6370-01-003143-53-3. Jika telah mengirim biaya registrasi, konfirmasi ke nomor Hp. 081 259 821 511.
  2. Biaya tersebut akan digunakan untuk proses cetak buku, meliputi pembuatan kover, layout halaman isi, pengurusan ISBN, dan biaya kirim buku ke alamat masing-masing penulis.
  3. Masing-masing penulis akan mendapat 1 (satu) buku antologi sebagai tanda penerbitan. Bila penulis ingin memiliki buku dalam jumlah lebih, maka dapat membelinya kepada FAM Indonesia.
  4. Buku dicetak dalam jumlah terbatas yang diniatkan untuk memotivasi anggota FAM Indonesia serta para penulis muda untuk aktif menulis dan berkarya. Seluruh penulis akan mendapat diskon dari penjualan buku secara pribadi sebesar 20 % dari harga jual (tanpa ada royalti bersama). Demikian informasi ini kami sampaikan, hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan kepada panitia penerbitan lewat email: diefansa@yahoo.com atau lewat sms/call ke Dedi Saeful Anwar di nomor 0812 2373 1297

Salam Santun, Salam Karya, Salam Pencerahan.

DEDI SAEFUL ANWAR 
(ID FAM 1196U-CJR)
Koordinator FAM Cabang Jawa Barat dan Sekitarnya


0 Komentar untuk "PENERBITAN ANTOLOGI CERPEN"

Sahabat, silakan tulis komentar yang membangun, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Mari berbagi dalam kebaikan.
Salam Karya

Back To Top