Berkaryalah sebelum kesempatan itu hilang dari hidupmu

12 Jam Hebat Menulis Cerpen

sumber gambar
Menulis cerita pendek (cerpen) merupakan suatu pekerjaan yang tidak mudah bagi penulis pemula seperti saya. Mungkin bagi cerpenis yang sudah terlatih dan terbiasa menulis cerpen, hal seperti itu sangatlah mudah. Seorang yang sudah terlatih akan bisa menulis cerpen dengan mengalir begitu saja. Ketika mendapatkan tema maka akan mudah untuk menentukan alur cerita, pernokohan, latar, gaya bahasa dan lain sebagainya. Sedangkan bagi penulis pemula? Walaupun sudah mendapataan tema, masih saja susah untuk memulainya dari mana. Padahal sesuatu apa pun jika tanpa ada permulaan, maka tidak akan terjadi apa-apa.

Nah, untuk menghindari hal yang seperti itu alias bingung mau nulis apa sebaiknya lakukan beberapa hal berikut. Mungkin saja selama 12 jam anda sudah bisa menulis cerpen. Maksudnya nulis saja. Ya bolehlah estimasi sampai 24 jam hingga cerpen anda selesai. Dan saya meyakini setiap orang memiliki potensi untuk bisa menulis cerpen. Jika ingin hebat menulis cerpen ya terus saja menulis. Berikut ada beberapa hal yang harus menjadi pijakan bagi anda yang ingin terjun menulis cerpen:

  1. Milikilah Komitmen.  Mengapa harus memiliki komitmen? Ya biar anda berkomitmen terhadap diri anda sendiri. Anda harus benar-benar memiliki niat yang sungguh-sungguh untuk menjadi seorang cerpenis. Ada waktu yang benar-benar anda luangkan untuk terus berlatih menulis cerpen. Jika anda bermalas-malasan, maka urungkan saja niat anda untuk menjadi penulis cerpen.
  2. Banyaklah Membaca. Mengapa harus membaca? Pertanyaan itu bisa anda jawab sendiri kan? Kalaupun belum bisa mungkin begini. Bagaimana anda bisa menciptakan cerpen yang bagus jika anda tidak memiliki referensi. Padahal dengan membacalah anda memiliki tolak ukur bagaimana anda menulis cerpen. Lupakan dulu menulis dengan bahasa yang indah dan imajinasi yang tinggi. Yang harus anda lakukan adalah banyak-banyak membaca.
  3. Tentukan Tujuan. Hidup jika tanpa tujuan maka akan nyasar. Nyasar ke jalan buntu masih mending bisa balik lagi. Kalau anda nyasar ke sarang penyamun. Hayo bagaimana? Bisa-bisa anda tidak balik lagi. Milikilah tujuan bahwa anda ingin menulis cerpen agar ada orang lain yang tergugah dengan tulisan anda. Jika tujuan itu mulia, maka menulis cerpen akan lebih mudah dan lebih mengalir. 
Nah, ketiga hal di atas harus anda miliki. Agar anda tidak salah jalan. Menulislah dalam keadaan apa pun. Ingat, jangan menunggu mood datang. Masak penulis masih mengandalkan mood. Jika itu adanya lagi-lagi lupakan niat anda untuk menjadi penulis cerpen. Jika dihitung-hitung sehari 24 jam. Bisa anda sisihkan waktu sehari 2 jam untuk membaca dan menulis. Lama-lama jika anda sudah mahir, maka 12 jam anda sudah hebat menulis cerpan. Sampai di sini dulu. Salam karya kawan.

Mungkin anda akan membaca artikel yang lain:

  1. Agar Penulis Naik Kelas
  2. Menulislah dengan tulus
  3. Menulislah dengan doa
  4. Cara Menulis yang baik
  5. Menulislah di pagi hari
  6. Menulis itu belajar mencari ilmu
  7. Menulis bisa menghilangkan rasa sakit
  8. Menulis itu butuh komprehensif ness
  9. Jangan mengulang-ulang narasi yang sudah ditulis sebelumnya
  10. Puisi yang baik itu seperti apa?
  11. Menulis kok bingung?



0 Komentar untuk "12 Jam Hebat Menulis Cerpen"

Sahabat, silakan tulis komentar yang membangun, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Mari berbagi dalam kebaikan.
Salam Karya

Back To Top