Berkaryalah sebelum kesempatan itu hilang dari hidupmu

Budayakan Menulis

sumber gambar
Menulislah. Jangan takut salah. Itulah yang sering diucapkan oleh penulis professional. Menulis memang susah, tapi tidak mau menulis akan lebih susah. Anda hanya memikirkan bagaimana cara menulis, kosakata yang digunakan dan bagaimana cara merangkainya. Susah karena anda memikirkan menulis itu susah. Sekarang menulis bisa dimana saja dan menggunakan media apa saja. Dulu masih menggunakan kertas dengan menggunakan pena. Sekarang jauh berbeda.

Anda sekarang sudah melek teknologi, HP yang digunakan pun sudah canggih. Bisa 3G, internetan, whatsapp, BBM-an, Line dan lain sebagainya. Pun bukan hanya HP, anda mungkin sudah memiliki komputer PC ataupun laptop. Dengan menggunakan media tersebut anda akan lebih mudah untuk menulis. Tentunya hanya tinggal mengayunkan jemari anda untuk terus mengetik. 

Justru sekarang media dan  ide sudah ada. Yang menjadi persoalan adalah bagaiamana cara menuliskannya? Takut salah, takut jelek tulisannya dan takut bla bla bla. Ini lah yang membuat anda takut untuk memulai menulis. Caranya mungkin bisa dengan memiliki blog. Blog sekarang sudah banyak yang gratis. Bisa menggunakan blogger atau wordpress. Dan masih banyak lagi media yang lain. Menulislah di sana, anda bebas mengekspresikan kemarahan anda, kegalauan anda, dan kebahagiaan anda pada blog. Belajarlah dari sana.

Yang perlu kita garis bawahi adalah semua penulis itu awalnya pemula juga. Bedanya mereka terus mau belajar dan memperbaiki kesalahannya. Sedangkan saya dan anda? Haha. Masih malas-malasan. Setengah-setengah. Berusaha hanya biasa-biasa kemudian mengharapkan keberhasilan yang luar biasa. Ini benar-benar mustahil kan?

Ayolah menulis. Sebisa dan semengerti anda. Salah adalah manusiawi. Jangan takut pada kesalahan. Kita sama-sama manusia, sama-sama belajar, dan sama-sama menghirup udara dari Tuhan yang sama. Teruslah memperbaiki tulisan kita. Belajarlah dari mereka yang sudah mahir dalam dunia literasi. Mendekatlah pada komunitas-komunitas menulis. Di sana anda akan menemukan bagaiamana para penulis bisa menuangkan idenya dengan hebat. Cara yang beda dan unik. Itu pun awalnya mereka butuh belajar dalam waktu yang tidak sebentar.

Mari budayakan menulis secara sehat dan hebat. Kita seringkali membaca berbagai genre tulisan, novel, roma, horor, dan lain sebagainya. Sudah banyak buku kita lahap kemudian ada sebuah kata hebat dari sesorang begini "Banyak membaca namun tidak mau menulis itu hanyalah memupuk kepikunan". Itulah ucapan yang membuat saya serasa tertampar. Memang sampai detik ini kita belum bisa menghasilkan karya yang hebat, namun yakinlah, kelak kita bisa dikenal melalui tulisan kita yang tentunya berguna bagi sesama. 
0 Komentar untuk "Budayakan Menulis"

Sahabat, silakan tulis komentar yang membangun, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Mari berbagi dalam kebaikan.
Salam Karya

Back To Top