Berkaryalah sebelum kesempatan itu hilang dari hidupmu

Konsisten Dalam Menulis itu Penting

Lama tidak menulis membuat saya kesusahan lagi untuk menggabungkan kata demi kata. Kebiasaanlah yang membuat kita mudah untuk terus berkembang dan belajar. Sekali berhenti, maka sangat susah untuk memulainya kembali. Begitu juga yang biasa dilakukan oleh mahasiswa ketika sudah sampai penulisan skripsi. Teori oke, nilai IPK juga oke. Eh, sampai pada penulisan laporan melempem. Dengan dalih "ah besok saja saya kerjain, toh masih lama juga waktunya". Sampai satu, dua, dan tiga tahun tidak kelar. Orang tua sudah marah-marah pengen anaknya cepet selesai. Kenyataan di sini hanya tidur, makan dan main. Haha #curcol

Begitu juga dengan menulis. Jika kebiasaan menulis bisa dirutinkan, maka menulis akan terasa mudah. Mengalir begitu saja dan tentunya enak dibaca. Tidak belepotan dan tidak ngawur. Pembaca juga mudah mencerna dan tentunya tulisannya harus renyah untuk dikonsumsi. Jika lama tidak menulis, terasa jemari kembali kaku untuk menekan tombol keyboard. Sudah penuh di otak berbagai ide, namun tidak ada yang tersalurkan dalam kalimat. Laptop hanya dilhat tanpa ada tulisan yang dihasilkan.

Yah, lama tidak menulis membuat kumpulan ide kreatif di dalam otak akan cepat menghilang. Apalagi sudah mengendap terlalu lama. Tidak mustahil ide tersebut hilang semua. Berbeda halnya dengan yang memiliki ide kemudian mau menuliskan--setidaknya ide pokoknya--maka ide tersebut akan tetap bertahan sampai kapanpun. Jika mood Anda sudah kembali pulih, maka tulisan itu bisa diteruskan.

Memang tidak jarang bagi penulis pemula untuk konsisten itu susah. Bahkan terasa berat. Menulis kok sepertinya tidak menarik, banyak salah, tidak enak dibaca dan merasa jengkel dengan tulisannya sendiri. Hmmm, itu lumrah. Namanya juga baru pemula. Bagaimana mungkin pemula kok langsung bisa. Ya kan? Yang jelas terus menerus untuk menulis dan menghasilkan tulisan yang bagus itu penting. Bukan dengan belajar menulis satu, dua hari sudah bisa. Itu mustahil.

Maka menulis secara konsisten itu penting. Jangan terlalu lama untuk tidak menulis. Nasehat ini juga ditujukan untuk saya juga. Bukan hanya bagi pembaca. Kasihan jika ide yang sudah ada kemudian hilang begitu saja karena kita malas menulis."Ah nanti saja, ah besok saja, ah lusa saja". Ya, jika kita masih berpikiran yang demikian maka tidak akan pernah menjadi penulis yang professional. Untuk itu, konsisten dalam menulis itu penting.


0 Komentar untuk "Konsisten Dalam Menulis itu Penting"

Sahabat, silakan tulis komentar yang membangun, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Mari berbagi dalam kebaikan.
Salam Karya

Back To Top